Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023
Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan

Pengibaran bendera merah putih di lapangan upacara MIN 1 Kebumen pada Jum'at pagi, (10/11) menandai peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di Madrasah bermoto "Keren" ini. Rangkaian tata upacara terlaksana dengan khidmat diikuti oleh peserta didik kelas 5 dan 6. Bertindak sebagai pembina upacara, Kusen, M.Pd.I. guru PAI yang juga seksi kurikulum MIN 1 Kebumen.

Lantunan lagu hening cipta dari paduan suara menggiring suasana untuk mengenang jasa para kusuma bangsa. Pesan-pesan perjuangan para pahlawan dari Abdul Muis, Ki Hajar Dewantara, dan dr. Cipto Mangunkusumo memberi spirit heroisme pada peserta. Pekikan ala bung Tomo "Allahu Akbar", Merdeka !, dan NKRI Harga Mati! melengkapi spirit tersebut.

Dalam Amanatnya, pembina menyampaikan, memerangi kemiskinan dan kebodohan adalah tantangan Indonesia dimasa kini. selain itu, ancaman penjajahan modern yang nyata khususnya terhadap kekayaan alam yang melimpah di negara kita seperti kekayaan laut dan berbagai bahan tambang mineral. 

"Indonesia harus berusaha menjaga kekayaan sumberdaya tersebut dari berbagai ancaman" kata Kusen. "Tidak mudah memang menghadapi tantangan dan ancaman tersebut, namun kita pasti bisa karena para pahlawan telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan." ucapnya.
Sebagai penutup amanat, ia mengajak untuk memanjatkan doa untuk para pahlawan. Sebelum doa penutup, upacara diakhiri dengan lagu bernuansa sendu lain "Gugur Bunga" oleh paduan suara gabungan kelas 5 dan 6.

Selepas upacara, diadakan penyerahan penghargaan kepada para peserta didik MIN 1 Kebumen yang telah menorehkan prestasi diberbagai ajang perlombaan baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional. Penghargaan ini sebagai apresiasi atas perjuangannya membawa nama baik madrasah diberbagai event sekaligus sebagai contoh perjuangan meneruskan jasa para pahlawan.




Artikel Terkait

Facebook Comment