Antara Pekik Merdeka dan Hamdalah
Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI MIN 1 Kebumen

Kebumen_”Merdeka, Merdeka, Merdeka!!!” Pekik kemerdekaan mengudara di lapangan upacara MIN 1 Kebumen, Kamis, (17/8/2023). Puncak Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 di MIN 1 Kebumen ditandai dengan Upacara Pengibaran Sang Saka Merah Putih dengan pembina upacara Kusen, S.Pd.I., M.Pd. Guna memeriahkan hari kemerdekaan, berbagai perlombaan, santap bersama, upacara bendera, hingga parade berkeliling desa dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai 17 Agustus 2023.

Dalam amanatnya, pembina upacara menyampaikan peringatan hari kemerdekaan merupakan bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan melawan penjajah.

“Hal yang bisa kita lakukan untuk memaknai kemerdekaan bangsa adalah dengan bekerja keras, belajar giat bagi para peserta didik”, katanya.

Dirinya mengajak warga madrasah untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, semangat membangun bangsa ini dengan bersungguh-sungguh dalam bekerja maupun belajar.

Sementara itu, pada upacara kali ini kepala madrasah Hj. Widyastuti, S.Pd., M.Pd. menghimbau peserta upacara untuk mengenakan pakaian profesi maupun pakaian adat.

“Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di MIN 1 Kebumen menggunakan pakaian profesi maupun pakaian adat, hal ini untuk menanamkan karakter positif pada peserta didik bahwa kita ini berbeda-beda namun harus bersatu memajukan negara, memajukan madrasah”, ujarnya.

“Peserta didik harus belajar dengan bersungguh-sungguh, bekerja sama dengan teman-teman, rukun dan anti pembulian, serta mengedepankan rasa sosial”, terangnya.

Seusai upacara, diadakankan parade bendera, marching band dan karnaval baju profesi dan baju adat. Ratusan peserta didik terlihat menawan dengan riasan dan warna-warni baju daerah dari aceh hingga papua.

Saat barisan karnaval diberangkatkan, gerimis turun, namun demikian tidak menyurutkan semangat barisan untuk menerobosnya.

“Alhamdulillah…” sebuah kata ringkas namun dalam maknanya terlontar dari bibir Muhammad Abyan Adelvio Amali kelas 3D menyambut datangnya gerimis.

Sambil melintas pintu gerbang madrasah Ia nampak rapi mengenakan beskap hitam dengan blangkon di kepala memegang botol minum di tangannya.

Sebelumnya, selama tiga hari berturut-turut diadakan berbagai perlombaan meliputi estafet kelereng, memindah bola, mewarnai, gulung ombak, meniti jembatan merah putih, tongkat sakti, gelas bergulir, estafet air, dan futsal. Semua perlombaan berlangsung penuh kemeriahan dalam suasana persahabatan.




Artikel Terkait

Facebook Comment