
Kebumen, Sabtu 15 November 2025 — MIN 1 Kebumen mendapat kehormatan menerima kunjungan rombongan guru dan karyawan dari MIN 1 Sleman, Yogyakarta, dalam rangka kegiatan study tiru terkait penguatan program Adiwiyata. Kunjungan ini menjadi momen istimewa bagi keluarga besar MIN 1 Kebumen karena menjadi tujuan pembelajaran dari madrasah yang berasal dari Kota Pelajar, pusat kemajuan pendidikan di Indonesia.
Rombongan dipimpin oleh Ummu Aiman, M.Pd, Kepala MIN 1 Sleman. Para tamu disambut hangat oleh Tamim Muhsin, S.Pd.I, Pengawas Madrasah Kecamatan Kebumen, Widyastuti, S.Pd., M.Pd., Kepala MIN 1 Kebumen, beserta jajaran guru dan pengurus program Adiwiyata. Dalam kunjungan tersebut, rombongan meninjau berbagai fasilitas pendukung Adiwiyata, seperti taman edukasi, kantin halal dan sehat, pengelolaan sampah, saluran air, hingga perpustakaan sebagai pusat literasi lingkungan.
Meski berasal dari kota kecil, MIN 1 Kebumen merasa bangga dapat menjadi rujukan bagi madrasah dari daerah dengan perkembangan pendidikan yang begitu pesat seperti Yogyakarta. “Kunjungan MIN 1 Sleman ini memberi kebahagiaan sekaligus motivasi bagi kami. Ini menjadi pengingat bahwa upaya kami merintis Adiwiyata sejak tahun 2024 harus terus dijaga dan ditingkatkan menuju Adiwiyata Nasional,” ujar Widyastuti.
Mewakili rombongannya, Ummu Aiman memberikan pesan kesan dan motivasi yang menjadi suplemen berharga bagi warga MIN 1 Kebumen dalam memperkuat langkah-langkah menuju madrasah berbudaya lingkungan. Terungkap bahwa keberhasilan program lingkungan tidak hanya terletak pada fasilitas, tetapi juga pada budaya serta komitmen seluruh warga madrasah.
Kegiatan ditutup dengan diskusi berbagi praktik baik antar kedua madrasah. Selain memperkaya wawasan tentang implementasi Adiwiyata, momen ini juga menguatkan jalinan silaturahmi antar MIN.
Harapannya, hubungan baik antara MIN 1 Sleman dan MIN 1 Kebumen terus terjalin dan memberi kontribusi nyata bagi peningkatan mutu pendidikan madrasah, khususnya dalam mewujudkan lingkungan belajar yang sehat, bersih, dan berkelanjutan. D








